Kabel RJ 45

 

1. Pengertian Cabel RJ-45

RJ singkatan dari Register Jack adalah standard peralatan pada jaringan yang mengatur tentang pemasangan kepala konektor dan urutan kabel, yang digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih peralatan telekomunikasi (Telephone Jack) ataupun peralatan jaringan (Computer Networking).

 

RJ-45 merupakan konektor yang standar buat jaringan lokal (LAN). Untuk bisa menggunakan menggunakan jenis ini, kita harus mempelajari susunan urutan warna yang benar sesuai dengan standard T568A dan T568B. Jadi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tidak boleh asal pasang.

2.JENIS-JENIS PENGKABELAN

  • Straight Cable

Straight Cable merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu  dengan ujung yang lainnya. Kabel straight digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda.

Urutan standar kabel straight adalah seperti dibawah ini yaitu sesuai dengan standar TIA/EIA 368B (yang paling banyak dipakai) atau kadang-kadang juga dipakai  sesuai  standar TIA/EIA 368A sebagai berikut:
Contoh penggunaan kabel straight adalah sebagai berikut :
  1. Menghubungkan antara computer dengan switch
  2. Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL
  3. Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
  4. Menghubungkan switch ke router
  5. Menghubungkan hub ke router
  • Cross Over Configuration

Cross Over Configuration merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung dua. Kabel cross over  digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama. Gambar dibawah adalah susunan standar kabel cross over :

Contoh penggunaan kabel cross over adalah sebagai berikut :
  1. Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
  2. Menghubungkan 2 buah switch
  3. Menghubungkan 2 buah hub
  4. Menghubungkan switch dengan hub
  5. Menghubungkan komputer dengan router

Dari 8 buah kabel yang ada pada kabel UTP ini (baik pada kabel straight maupun cross over) hanya 4 buah saja yang digunakan untuk mengirim dan menerima data, yaitu kabel pada pin no 1,2,3 dan 6.

T-568A Straight-Through Ethernet Cable

TIA / EIA 568-A standar yang telah diratifikasi pada tahun 1995, digantikan oleh standar TIA / EIA 568-B yang telah diperbarui pada tahun 2002 . Kedua standar mendefinisikan T-568A dan T-568B pin-out untuk menggunakan kabel unshielded twisted pair dan konektor RJ-45 untuk konektivitas Ethernet. Standar dan spesifikasi pin-out tampaknya terkait dan saling dipertukarkan, tetapi tidak sama dan tidak harus digunakan secara bergantian.

T-568B Straight-Through Ethernet Cable

Baik T-568A dan T-568B Straight-Through standar kabel yang paling sering digunakan sebagai kabel patch untuk koneksi Ethernet Anda. Jika Anda memerlukan kabel untuk menghubungkan dua perangkat Ethernet langsung bersama-sama tanpa hub atau ketika Anda menghubungkan dua hub bersama-sama, Anda akan perlu menggunakan kabel Crossover gantinya.

RJ-45 Crossover Ethernet Cable

Cara yang baik untuk mengingat bagaimana kawat Ethernet Crossover kabel adalah salah satu ujung kawat dengan menggunakan standar T-568A dan ujung lainnya menggunakan standar T-568B. Cara lain mengingat pengkodean warna untuk hanya beralih set Hijau kabel di tempat dengan set Orange kabel. Secara khusus, switch Hijau padat (G) dengan Orange padat, dan beralih hijau / putih dengan oranye / putih.

Dasar Teori:

Dengan melihat kabel T-568A Ethernet UTP Straight Trough dan crossover kabel Ethernet dengan ujung T-568B, kita melihat bahwa TX (transmitter) pin yang terhubung ke (penerima) pin yang sesuai RX, ditambah ke plus dan minus ke minus. Anda juga dapat melihat bahwa kedua pasangan kabel biru dan coklat pada pin 4, 5, 7, dan 8 tidak digunakan dalam standar baik. Yang mungkin tidak Anda sadari adalah bahwa, pin ini sama 4, 5, 7, dan 8 tidak digunakan atau dibutuhkan dalam 100BASE-TX juga. Jadi, daripada repot-repot hanya menggunakan kabel 1,2,3 dan 6,  lebih mudah membuat sambungan dengan semua kabel dikelompokkan bersama-sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: